Tips and Trick



Mengenali Berbohong dengan Bahasa Tubuh


        Berbohong merupakan sesuatu hal selalu dilakukan oleh sebagian orang, disadari atau tidak  kita pernah melakukan yang namanya berbohong baik spontan ataupun direncanakan. Berbohong merupakan kondisi dimana seseorang berbicara tidak sesuai dengan fakta sebenarnya dan biasanya ada alasan tertentu mengapa seseorang berbohong. Diakui atau tidak kita sebagai manusia tidak mau yang namanya dibohongi, padahal kita sendiri selalu melakukan hal tersebut. Berbicara tentang berbohong ilmuan barat Dr. Desmond Morris ”menyatakan bahwa seseorang tidak bisa memalsukan bahasa tubuh” , maka dari pada itu tidakan berbohong dapat kita ketahui dengan menggenali bahasa tubuh, karena bahasa tubuh merupakan hal yang paling tidak bisa dipalsukan oleh semua orang. Untuk mengetahui apakah lawan bicara kita sedang berbohong atau tidak , maka perhatiakanlah 6 bahasa tubuh orang sedang berbohong :

  
  

Menutup mulut atau berbatuk


Entah kenapa ketika seseorang berbohong dia kan menutup mulutnya atau bahkan pura-pura batuk , hal ini disebabkan karena adanya gerak reflesk yang terjadi dengan sedirinya. Ketika berbohong tangan akan reflesk menutup mulut karena adanya ragsangan dari otak untuk melakukan hal tersebut.


Charles Darwin pernah menuliskan didalam bukunya bahwa isyarat keheranan dan menyembunyikan sesuatu, tergambar dengan meletakan tangan di mulut. Sikap ini seperti hendak menghentikan kata-kata yang baru saja keluar dari mulut.
Hal ini bisa dibuktikan ketika kalian berbicara dengan teman ataupun pasangan anda, apabila lawan bicara anda menutup mulut maka ada sesuatu yang telah ia ceritakan yang tidak sesuai dengan fakta kenyataannya.

    Menyentuh Hidung


Begitu pula dengan menyentuh hidung, menyentuh hidung disebabkan karena gerak reflex yang terjadi. Ketika berbohong ujung saraf  halus dalam hidung akan terasa gatal, sehingga menyebabkan ingin menyentuh hidung.

     Memalingkan Pandangan


Ketika seseorang berbohong, biasanya seseorang akan memalingkan pandangannya, hal ini dikarenakan supaya tidak terjadi pertanyaan dari orang yang mendengarnya. Pandangan berhubungan juga dengan mata, mata merupakan gerbang jiwa, mata dapat menceritakan segalanya. Ketika berbohong mata berupaya untuk memalingkan pandangannya.




  Memalingkan wajah 

Tanda berbohong selanjutnya yaitu memalingkan wajah, hal ini hampir sama dengan memalingkan pandangan.

Menggaruk leher

Coba perhatikan orang yang sedang berbohong, rata-rata dia akan menggaruk lehernya baik secara perlahan ataupun tidak. Gerakan ini disebabkan karena respon dari syaraf-syaraf leher yang pada saat berbohong akan tersa gatal.



Perubahan Nada suara

Ketika seseorang berbohong perubahan nada suara sangat gampang dijumpainya, karena perubahan suara langsung kita rasakan tanpa harus menganalisa bahasa tubuhnya. Biasanya orang yang berbohong nada suaranya akan menjadi cemas, dan selalu mengulang-ngulang apa yang dia katakan.

Nah, itulah 6 tanda bahasa tubuh ketika seseorang berbohong. Kalian juga bisa mempraktekannya dengan nonton sinetron,  apabila artis melakukan kebohongan dia akan menggarukan lehernya. Kalau tidak percaya , silahkan buktikan sendiri !!
Tapi inget berhati-hatilah saat menganalisa seseorang jangan sampai salah menganalisa tidak semua orang yang menutup mulut itu berbohong, bisa aja dia sedang panas dalam hihihi…
Tanda-tanda tersebut bisa digunakan especially buat para guru supaya mengetahui kejujuran para siswanya ..

Selamat Mencoba  dan Hati-hati jangan sampai salah menganalisisnya 😤😤

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UBERTOS

Alasan memilih kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Style photographed