Alasan memilih kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Kuliah?
Siapa sih tidak ingin merasakan banggu kuliah?
Pasti semua orang mengidam-idamkan menjadi seorang mahasiswa. Mahasiswa adalah hal yang paling di diinginkan oleh  setiap orang, hal ini terbukti dengan banyaknya siswa yang mengikuti test seleksi masuk perguruan tinggi. Banyak orang yang bingung menentukan kampus idaman. Mereka berlomba-lomba mencari PTN  yang diidamkannya, sampai mereka rela pusing-pusing mengikuti ujian masuk perguruan tinggi seperti SNMPTN, SBMPTN, SPAN, UM, bahkan masih banyak lagi jalur lainnya. Tapi tahu kah kalian bahwa kampus atau PTN adalah salah satu hal yang paling penting dalam menentukan masa depan, karena di kampuslah kita bisa mendapatkan ilmu, gelar, dan pengalaman untuk masa depan kelak. PTN yang bagus ialah PTN yang bisa membuat perubahan dalam kehidupan kita. Nah, PTN yang dimaksud ialah UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah PTN yang di bawah naungan departemen Agama. Kampus ini terletak di daerah Cibiru, Bandung, Jawa Barat. Terdapat 8 fakultas dan 42 jurusan di kampus ini. Berikut alasan megapa harus memilih UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai PTN pilihanmu:


1.      Ilmu Dunia dan Agama yang seimbang

Sebaik - baiknya manusia ialah yang bisa menyeimbangkan ilmu agama dan ilmu dunia. UIN Sunan Gunung Djati bisa menjadi penyeimbang ilmu agama dan dunia, karena disini kalian akan mendapat pelajaran agama, umum, serta kejurusan yang kalian pilih. Seperti kita ketahui, apabila seseorang sudah lulus dari bangku sekolah maka putus pula pengajiannya. Kebanyakan orang apabila sudah menjadi mahasiswa, mereka yang sibuk akan mencari ilmu dunia saja. Namun, di UIN kita akan mempelajari juga ilmu akhiratnya, seperti bahasa Arab, fiqih, tasawuf, dan masih banyak keilmuan lainnya. inilah yang menjadikan pembeda dengan PTN atau PTS yang lainnya.

2.      PTN yang telah teraktreditasi 

Jangan khawatir apabila kalian masuk ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung karena PTN ini telah teraktreditasi dan telah berdiri dari 50 tahun yang lalu. Banyak fakultas dan jurusan yang memiliki aktreditasi A ataupun B. Jadi, jangan khawatir tentang aktreditasi yah...

3.      Biaya yang terjangkau tapi tidak murahan

Alasan selanjutnya yaitu tentang biaya, banyak calon mahasiswa yang takut akan biaya kuliah yang sangat mahal. Tenang saja, apabila kalian memilih UIN sebagai kampus kalian, bisa dipastikan biayanya terjangkau untuk semua kalangan. Biaya di sinipun bermacam-macam dari golongan bawah sampai golongan atas. Untuk pembayaran UKT yaitu berdasarkan pendapatan orang tua. Banyak orang yang bilang bahwa kuliah disini murah dan terjangkau. Namun walaupun murah tapi UIN tidak murahan, hal ini terbukti dengan fasilitas dan kualitas yang ditawarkan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Fasilitas mahasiwa yang mewah dan kualitas pengajaran yang berkualitas, hal ini terbukti dengan banyaknya profesor atau guru besar serta master-master yang menjadi dosen di UIN SGD ini dan banyak pula mahasiswa yang dicetak menjadi mahasiswa yang unggul dan berpestasi.

 4.      Tersedia banyak Beasiswa

Jangan khawatir pula apabila kalian ingin mendapatkan beasiswa. UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah berkerjasama dengan berbagai beasiswa yang siap membantu kalian. Beasiswa tersebut diantaranya; bidikmisi, djarum, BI, DIPA, dan masih banyak lagi beasiswa yang bisa kalian dapatkan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

5.      Tersedia banyak Pesantren

     Bagi kalian yang ingin tinggal di pesantren, jangan khawatir. UIN Sunan Gunung Djati Bandung memiliki mahad yang berlokasi di dalam kampus yaitu Mahad Al-jamiah dan masih banyak lagi mahad yang terletak dekat di daerah kampus UIN, seperti Mahad Universal, Al-ihsan, Al-wafa, Al-jawami, dan masih banyak mahad atau pesantren di UIN SGD. Bagi kalain hafidz dan hafidzah, jangan khawatir pula karena UIN memiliki rumah tahfidz khusus bagi kalian yang ingin menjadi Hafidz dan hafidzah.

6.      UKM sebagai tempat penyalur bakat


  Bagi kalian yang punya bakat lebih seperti bakat dibidang tarik suara, ngaji, tari, atau hobi menggambar, masak, travelling, dan lain sebagainya. Di UIN ini terdapat banyak UKM yang siap menyalurkan bakat yang dimiliki mahasiwa seperti UPTQ, LDM, Maha Peka, LPB, Protokoler dan masih banyak lagi UKM yang terdapat di UIN.

7. Lingkungan yang aman

      Lingkungan merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Banyak mahasiswa yang masih sering terbawa arus, namun janga khawatir. Daerah UIN SGD yaitu daerah yang cukup aman untuk kehidupan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang memilih tinggal di kos kosan dekat kampus, seperti kosan daerah permai dan cipadung. Lingkungan daerah ini terbilang aman karena tidak terdapat tempat hiburan malam, dan tempat aneh lainnya.

8.      Harga makan dan kehidupan yang terjangkau

Mahasiswa terbiasa dengan hidup irit karena mereka harus mengatur keuangan untuk bisa hidup di tempat rantauan. Di daerah UIN baik itu di kantin, atau tempat makan lainnya banyak pedagang yang berjualan dengan harga yang murah. Hal ini terbukti dengan uang 7K kamu bisa mendapatkan nasi dan telor dadar, Murah bukan???    Jadi kalau kalian kuliah disini dijamin kalian tidak akan kelaparan karena harga makan yang mahal.

Nah, itulah alasan mengapa kamu harus memilih UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai tempat kuliah kamu. Tunggu apalagi, ayo segera daftar sebelum terlambat!!

Komentar

  1. Waah keren UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG❤❤

    BalasHapus
  2. Apa benar kak kalau kita mau nyelesain tugas akhir skripsi harus hapal al-qur'an dulu?

    BalasHapus
  3. Apakah kalau lulus umptkin bisa di terima di rumah alqur'an

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UBERTOS

Style photographed