Health


“ Kebiasaan Berdampak Bahaya”

Terkadang kita melakukan sesuatu tanpa memikirkan dampak bahaya dari apa yang kita sering lakukan, tau kah kalian bahwa sesuatu yang sering kita lakukan bisa mengakibatkan kesehatan terganggu ? dan bisa mengakibatan kematian ??, apa saja kebiasaan buruk yang sering dilakukan ??
Berikut kebiasaan yang berdambak bahaya bagi kesehatan :

Minum dan makan sambil berdiri

Nah, hal ini sering sekali dilakukan terutama oleh anak-anak dan remaja, sering kali kita membeli jajan di jalan dan langsung memakan atau meminumnya sambil berdiri tanpa memperhatikan dampak dari hal tersebut. Diakui atau tidak 50% remaja dan anak-anak melakukan kebiasaan ini. Berikut dampak dari makan dan minum sambil berdiri :
a.       Sakit Perut
Ketika kita minum atau makan sambil berdiri tenggorokan akan mengalami penyempitan dan berkerut yang dapat mempersulit makanan untuk digiling hancur oleh pencernaan. Sehingga menyebabkan sakit perut.
b.      Keseimbangan tubuh terganggu
Minum atau makan sambil berdiri menyebabkan jaringan organ pada saraf pusat akan tertekan  sehingga mengakibatkan keseimbangan tubuh terganggu.
c.       Perut Kembung
d.      Filter penyaringan pada ginjal tertutup
e.       Luka pada Lambung


      Nonton TV sambil tiduran

Kebiasaan ini selalu dilakukan oleh siapupun, karena nonton TV sambil berbaring sangatlah nyaman dilakukan apalagi dilakukan di malam hari. Padahal  banyak sekali dampak berbahaya bagi tubuh, antara lain :
a.       Membuat Mata menjadi Lelah
b.      Membuat tengang atau stress
Menyebabkan stress apabila menonton TV kemudian ketiduran di depan TV yang menyala, sehingga otak terus bekerja dan apabila kebiasaan ini lakukan setiap hari mengakibatkan stress yang serius.
c.       Membuat Mata Rabun
d.      Membuat kelebihan Berat Badan
Percaya atau tidak tidur sambil tiduran mengakibatkan berat badan bertambah karena effeknya menjadi malas sehingga tubuh tidak bergerak sesuai dengan kebutuhan



 Penggunaan Headset yang berlebihan

Kebiasaan pemakaian headset sering kali dilakukan oleh para remaja yang memiliki hobi listening music , biasanya mereka berlebihan dalam pengguanan Headset , sering kali mereka ketiduraan saat mendengarkan lagu dengan menggunakan headset. Padahal hal ini sangatlah berbahaya , bahaya pengguanan headset antara lain :
a.       Kerusakan permanen pada telinga
b.      Kehilangan pendengaran di usia 20-an
c.       Kerusakan Otak
d.      Ambang pendengaran

Pengunaan Gadget

Sering kali kita memainkan hp sebelum tidur, dan sering kali juga kita ketiduran di samping HP yang masih menyala. Hal ini sangat berbahaya, berikut dampak negative bagi kesehatan : 
a   Dapat Memberatkan Berat Badan
Hal ini dibuktikan oleh penelitian dari Northwestern University di Chicago yang menyatakan bahwa penggunaan gadget pada jam tidur mengakibatkan berat badan bertambah , yang disebabkan oleh adanya paparan sinar biru dari gadget yang merupakan sinar pemberi sinyal tubuh untuk memproduksi hormone ghirelin yang berfungsi memberi sinyal lapar, sehingga tubuh akan mudah lapar dan mengakibatkan kegemukan.
b.      Resiko penyakit Kanker
c.       Resiko Penyakit Dabetes Tipe 2    


  Pengguaan Lensa kontak



Kebiasaan ini sering dilakuakn oleh kaum wanita yang ingin mempercantik diri dengan menggunkan lensa kontak, sering kali juga mereka melupakan kesehatan mata :
a.       Iritasi dan Mata Merah
b.      Infeksi mata
c.       Leukoma
d.      Nebula
e.       Menyebabkan Ulkus Kornea
f.       Betuk mata Berubah
g.      Alergi

Nah, itulah 5 kebiasaan yang sering kita lakukan yang mengakibatkan kesehatn tubuh terganggu. Masih berani melakukan hal tersebut ??
Pilih sehat atau sakit ??
Selagi kita bisa menghindariya, mari kita hindari  bersama !!

Tubuh Sehat Hati Senang😀😀

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UBERTOS

Alasan memilih kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Style photographed