Peran Pemuda Hebat untuk Indonesia Mandiri


Indonesia merupakan negara dengan kepulauan terbesar di dunia, negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, negara dengan populasi penduduk terbesar ke empat di dunia, bahkan banyak Negara lain yang iri dan kagum dengan apa yang Indonesia miliki, yah inilah Indonesia Negara terluas ke lima belas di dunia (Wikipedia,2009). Peluang yang dimiliki Indonesia untuk menjadi Negara mandiri sangatlah besar  hal ini karena banyaknya sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh Indonesia. Tapi sangat disayangkan walaupun Indonesia memiliki hal tersebut, Indonesia masih belum bisa menjadi Negara yang mandiri. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya sumber daya alam yang dikelola oleh Negara lain, padahal Indonesia memiliki sumber daya manusia yang sangat banyak.
Setiap Negara menginginkan negaranya menjadi Negara yang mandiri termasuk Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) definisi mandiri adalah keadaaan berdiri senidiri; tidak bergantung kepada orang lain. Negara mandiri ialah Negara yang berdiri sendiri tanpa bantuan Negara lain dan tidak selalu bergantung kepada Negara lain. Namun tidak dipungkiri juga bahwa setiap Negara pasti membutuhkan Negara lain. Maksud Negara yang mandiri yaitu Negara yang bisa mengelola perekonomian, politik secara sendiri  dan bekerjasama dengan Negara lain tanpa dikelola langsung oleh Negara tersebut.
Fenomena yang terjadi di Indonesia ialah banyak Negara lain yang terjun langsung mengelola sumber daya alam, seperti di Papua adanya PT Freeport McMoran. PT Freeport McMoran ialah perusahan Amerika Serikat yang sudah mengontrak tanah di Papua selama berpuluh tahun untuk mengeksploitasi tambang emas. Dalam sehari Amerika bisa menghasilkan 22.000 ton biji emas dan perak mentah. Betapa besarnya penghasilan yang didapatkan Amerika dalam sehari di tanah air ini, padahal sumber daya alamnya milik Indonesia. Itulah salah satu contoh bahwa Indonesia belum bisa mandiri dalam mengelola sumber daya alam. Sedangkan  Indonesia memiliki penduduk yang sangat banyak yang bisa mengelola alam itu sendiri.
Ditinjau dari hal tersebut kapan Indonesia akan mandiri kalau hal yang seperti itu masih dikelola oleh Negara lain, mengapa hal ini bisa terjadi ? , itu semua bisa terjadi karena kurangnya sumber daya manusia yang memilki skill atau kemampuan dalam bidang tersebut, sedangkan Indonesia memiliki kurang lebih 169,0 juta jiwa penduduk remaja atau pemuda yang bisa mengelola hal tersebut. Untuk itu harus adanya pembaharuan pola pikir pada remaja atau pemuda  supaya bisa membangun negara yang mandiri.
Pemuda adalah bagian yang berharga dalama suatu Negara karena pemuda merupakan agent of change untuk semua perubahan yang lebih baik lagi, sehingga pemuda dijadikan sebagai sumber daya manusia jangka panjang sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi saat ini atau disebut sebagai Iron Stock (generasi penerus masa depan). Supaya Indonesia bisa menjadi Negara yang mandiri maka diperlukan pemuda hebat untuk mewujudkan hal tersebut dan ada 2 peran pemuda untuk Indonesia mandiri.
  Pertama, peran pemuda sebagai Iron Stock (penerus masa depan). Masa depan bangsa kita akan diteruskan oleh pemuda masa kini dan keberhasilah bangsa ada ditangan pemuda itu sendiri. Peran yang ini  merupakan hal mutlak yang akan terjadi, pemuda menjadi tolak ukur maju mundurnya bangsa ini. Pemudalah yang menentukan apakah bangsa kita akan mandiri atau tetep menjadi bangsa yang seperti sekarang ini.
Kedua, peran pemuda sebagai agent of change, perubahan memang akan terjadi, namun baik buruknya perubahan itu sendiri akan di tentukan oleh pemuda bangsa. Perubahan akan selalu terjadi dan telah banyak sekali perubahan yang terjadi dibangsa ini. Perubahan bangsa menjadi Negara mandiri sangatlah bisa ditentukan oleh perubahan pemudanya itu sendiri. Pemudalah yang akan merubah apakah sumber daya alam di Negara kita akan tetap dikelola oleh bangsa lain atau bahkan akan dikelola oleh pemuda bangsa sehingga bangsa kita bisa menjadi bangsa yang mandiri dimulai dari hal pengelolaan sumber daya alam. Entahlah ini semua ada tangan pemuda bangsa kita.
Kedua peranan tersebut sangat mempengaruhi bangsa ini, tapi fenemona yang terjadi di bangsa kita banyak sekali pemuda yang lupa akan peranannya itu sendiri, kebanyakan pemuda bangsa ini menggunakan masa mudanya hanya untuk bersenang-senang, memuaskan dirinya sendiri dengan banyaknya pemuda yang mengakses dunia maya, seperti facebook, instagram, twitter, dan masih banyak lagi. Tercatat di kompas.com sebanyak 30 juta lebih remaja yang menggunakan internet ataupun social media.  Banyak juga pemuda bangsa kita yang terjerumus kedalam dunia gelap, seperti narkoba, alcohol, dan yang lainnya. Bagaimana ke dua peran akan dimilki oleh pemuda bangsa kalau pemuda bangsanya seperti fenemona tersebut.
Untuk mewujudkan peranan pemuda tersebut di era fenomena yang terjadi maka harus adanya hal yang menunjang terhadap peranan itu. Hal tersebut yaitu pendidikan. Pendidikan merupakan hal yang paling penting untuk merealisasikan peranan terhadap pemuda. Dengan adanya pendidikan yang berkualitas di pemuda maka fenemona yang terjadi sekrangpun tidak akan merajalela. Dengan pendidikan pula pemuda bangsa ini akan mengasah skill atau kemampuan dibidang yang mereka minati sehingga melahirkan generasi bangsa yang memilki skill atau kemampuan untuk mengelola sumber daya alam, sehingga bangsa kita bisa langsung mengelola sumber daya alam oleh kemampuan  pemuda bangsa.  Selain dapat mengasah skill bagi pemuda, pendidikan juga bisa membentuk karakter pemuda sehingga memilki karakter yang bertanggung jawab terhadap peranan pemuda untuk bangsa ini. Untuk menciptakan pemuda hebat maka perlu juga pendidikan yang tinggi supaya pemuda bisa merubah bangsa menuju bangsa atau Negara yang mandiri.
Indonesia merupakan  Negara yang yang menyimpan sejuta kekayaan yang tidak dimiliki Negara lain , itu artinya Indonesia mempunyai peluang menjadi Negara yang mandiri dengan  dua peranan penting pemuda. Pemuda yang hebat adalah pemuda yang dapat merubah negaranya.    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UBERTOS

Alasan memilih kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Style photographed