"Papandayan Mahal Sejuta Keindahan"


Team Hiking Ceria πŸ˜€πŸ˜€ @dina_handrayani @firlyskata_03 @sri_hartinii_ @ginanmuhammad95 @rizalbasyar
Papandayan merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak didaerah garut jawa barat. Papandayan merupakan gunung api aktif jenis strato dengan ketinggian 2662 mdpl. Banyak sekali pendaki yang tertarik untuk pergi ke gunung api ini, karena banyaknya pemandangan yang terdapat di papandayan. Akhir-akhir ini terdengar isu mahalnya masuk papandayan yang sangat melonjak , banyak wisatawan yang bertanya-tanya tentang hal ini. Untuk menjawab rasa penasaran kita semua, berikut hasil wawancara dengan salahsatu penjaga keamanan gunung papandayan :
Bapak gozim menjelaskan asal muasal papadayan mahal : “mengapa papandayan dulu murah karena dulu papandayan dipegang oleh BKSDA, namun sekarang papandayan dipengang oleh PT.Ail sehingga administrasi sepenuhnya dikelola oleh PT.Ail, kelebihan papandayan mahal kalau dulu tidak ada petugas yang standby 24 jam, namun sekarang pegunjung diawasi 24 jam oleh security dan di setiap pos terdapat 2 orang security. Jadi kalau sekarang pengunjung akan lebih aman. Ditinjau dari kenaikan harga sangat berpengaruh sekali kepada wisatawan yag berkunjung, kalau dulu hampir 1000 pengunjung yang datang tiap hari libur, namun sekarang hanya mencapai 100 atau 200 pengunjung. Tapi, walaupun papandayan mahal Fasilitas yang kami tawarkan sangatlah nyaman. Harapan pak gozim mudah-mudahan pengunjung papandayan semakin banyak dan papandayan semakin terkenal lagi”. Ujar Pak Gozim.
Berikut harga tiket masuk papandayan 2017 :

Harga Tiket Hari Biasa:

Jenis Tiket
Tarif Masuk
Pengunjung Nusantara
20.000
Kendaraan Roda Dua
12.000
Kendaraan Roda empat
25.000
Sepeda
7.000
Rombongan Pelajar
18.000
    

Harga Tiket Hari Libur
Jenis Tiket
Tarif Masuk
Pengunjung Nusantara
30.000
Kendaraan Roda Dua
17.000
Kendaraan Roda empat
35.000
Sepeda
10.000
Rombongan Pelajar
19.500

Tarif Lain-lain
Jenis Tiket
Tarif Masuk
Camping
35.000
Camping R.Pelajar
22.500
Camping Manca Negara
105.000
Shooting
800.000
Fhoto Prewedding
500.000
   
Gimana masih mau hiking kepapandayan ??
Etttsss… jangan salah walaupun harganya lumayan tapi fasilitasnya dan penjagaan yang membuat kita nyaman beda banget dengan papandayan dulu , fasilitas yang disediakan :

1.      Toilet disetiap Pos

Toilet yang dibangun di setiap pos papandayan sangat lah nyaman, kalian bisa mandi, BAB, atau apapun itu dengan air yang banyak dan bersih menjadikan toilet dipapandayan semakin nyaman dikunjungi.

2.      Toilet dan Mushola di Puncak atau Pos terakhir dipapandayan




Tidak pernah terbayangkan kalau di puncak gunung ada mushola dan toilet yang nyaman, nah jadi bagi kalian yang ingin ngecamp gak perlu takut lagi untuk ketinggalan sholat yg 5 waktu.

3.      Warung 

Banyak warung yang terdapat di pos terakhir atau sering disebut pos saladah di papandayan, warung-warungnya menyediakan berbagai macam makanan, cilok pun ada di gunung hahha.. serasa bukan digunungkan kalau kalian masih bisa makan cilok πŸ˜€πŸ˜€

4.      Penjaga 24 jam

Bapak Kosim (Penjaga Pos)
Bagi kalian yang ingin camp ke papandayan jangan takut , soalnya kalian bakalan dijaga 24 jam dan kalian bisa minta bantuaan apapun ke penjaganya. Contoh : sewaktu kami hiking dan camp dipapandayan tepatnya tanggal 18 januari 2017 , waktu itu kami kurang bisa mendirikan tenda maklum pemula hihihi. Penjaga pun dengan sangat baik sekali mendirikan tenda kami dan kami hanya berdiri manis aja ngeliatin para penjaganya hihihi.. kemudian malam harinya para penjagapun berpatroli menggelilingi tempat camp kami.
Enak bukan dengan penjagaan 24 jam.

 Tempat yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Papandayan :

1.      Kerennya Sunrise di Hober Hoet



Bagi kalian pemburu sunrise wajib banget kalian ngecamp di hober hoet karena 100% sunrise di hober hoet sangat keren dan indah.

2.      Air Terjun dan Danau

Danau


 
Air Terjun nampak dari Jauh

Air terjun yang tinggi dan danau yang indah , pokonya harus banget kalian kunjungi ketika ke papandayan.

3.      Si Bunga Abadi yang Cantik

Jangan salah dipapandayan pun terdapat Bungan Edelweiss , tapi saran aja siih kalau kalian pengen dapat Edelweiis lebih baik berkunjung di bualn agustus , soalnya dibulan agustus edelwiisnya bermekaran.

4.      Pondok Saladah

Walaupun digunung tapi kita masih bisa menikmasi indahnya bukit perkemahan di puncak gunung papandayan tepatnya di bumi perkemahan saladah. Info aja sih bagi kalian yang akan bermalam disini jngan lupa makanannya digantung diatas pohon yah, kalau engga kalian bakalan dicium bangong tuuh hahahha..

5.      Hutan Mati

Indahnya pemandangan hutan mati , wajib sekali kalian kunjungi. Info saja bagi kalian yang akan menjelajahi hutan mati sebaiknya kalian wajib mengingat ngingat arah pulang, karena banyak para pendaki yang tersesat di hutan mati, tapi jangan takut banyak juga yang tersesat akhirnya menemukan jalan keluar juga.

6.      Tegal Alun

Pemandangan di tegal alun indahnya luar biasa, kalian bisa menikmati indahnya pepohonan dan Bunga abadi yang cantik. Tapi tegal alun ini bukan termasuk area PT.Ail jadi bagi kalian yang akan ke tegal alun itu sudah bukan tangung jawab perusaaan lagi. Dijamin kalau kalian tidak kesini nyeselnya dalem looh.

7.      Jalan dan Jalur




Jalan dan jalur yang gak terlalu curam membuat perjalanan menjadi nyaman dan menyenangkan.

Nahhh, itulah info seputar wisata gunung papandayan semoga bermanfaat.

“Nikmatilah Alam selagi bisa dinikmati“


Komentar

  1. Tarif tahun ini segitu, emang dulu berapa sis?

    BalasHapus
  2. Iyah siti sekarang 55 ribu buat masuk sama campnya πŸ˜‚πŸ˜‚
    Duluu murah sekitar 20 udh bisa camp..
    Selamat mencoba sis πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UBERTOS

Alasan memilih kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Style photographed