Gunung Gundul Guntur Punya



Gunung guntur merupakan gunung berapi yang bertipe stratovolcano yang terdapat di Sirnajaya, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini sering dijuluki gunung gundul dan gunung reflika semeru, memiliki ketinggian 2.249 mdpl. Guntur terkenal dengan kegersangannya dan track yang begitu sulit. Namun, banyak sekali pecinta alam yag tertarik ke gunung ini karena keindahan alam yang disuguhi di guntur. Akses menuju gunung gunturpun sangat mudah ditempuh baik meggunakan mobil atupun motor. Akses yang dekat dengan perkotaan dapat mempermudah pengunjung untuk menuju ke gunung guntur. Berikut review menganai gunung guntur:

1.       Biaya

Biaya gunung guntur terbilang sangat murah karena gunung ini masih dikelola oleh pemerintah setempat. Untuk biayanya sendiri cukup menggeluarkan sebanyak 12.500  dan sudah termasuk biaya nge-camp.
Berikut rincan biaya gunung guntur:
Biaya
Keterangan
Rp.5000
Biaya Wisata/tiket masuk gunung
Rp.5000
Biaya Camp
Rp.2500
Asuransi

pembayaran ini dilakukan ketika kita sudah sampai di pos 1, dan perlu diketahui pos 1 nya lumayan sangat jauh dari bawah ketika kita start.


 2. Pos dan Jalur

Gunung guntur sendiri hanya memiliki 3 pos, namun menurut saya jarak dari pos ke pos yang lainnya sangat jauh. Yahh, jadi gak heran walupun 3 pos tapi terasa 6 pos J J

Base-camp

Sebelum kalian naik ke gunung, adakalanya harus berhenti di Basecamp pendaftaran gunung guntur. Tempat pendaftaran ini hanya mendata pengunjung yang akan melakukan pendakian saja tanpa dipugut biaya sepeserpun. Bagi pengunjung yang membawa kendaran baik itu mobil ataupun motor kalian bisa menitipkannya ditempat ini. Adapun biaya penitipan parkir; motor 15000 perhari, mobil 25000 perhari. Ditempat perdaftaran juga terdapat mesjid, tempat bersantai, dan toilet. Jadi, sangat disarankan sekali kalian melakukan packing ditempat ini.


Ini merupakan salah satu tempat untuk malakukan packing di basecamp pendaftaran. Kalian bisa bersantai terlebih dahulu dan menyiapkan segala peralatan sebelum naik gunung. Packing di basecamp ini merupakan salah satu tempat recommended buat kalian yang akan bersiap hiking ke guntur. Disini juga terdapat sekitar 6 toilet yang bisa digunakan.


Gunung guntur memiliki 3 pos yakni; pos satu untuk pendaftaran dan pembayaran.


Perjalanann menuju pos 2, di pos 2 kalian bakal menemukan curug yang benar-benar jernih dan kalian bisa renang atau berendam di sana.


Sumber mata air yang terdapat di pos 3. Biasanya pos 3 dijadikan sebagai tempat camp dan sebagai pos terakhir di guntur. Padahal perjalanan menuju puncak masih sangat lama sampai memakan waktu sekitar 2/3 jam menuju puncak satu. Tapi, alangkah lebih baiknya apabila kalian bermalam di pos 3 karena lebih aman, dan disini ada penjagaan 24 jam dari petugas gunung. Di pos 3 juga terdapat mushola untuk kalian yang akan melaksankan solat, terdapat sumber air pula. Tapi, apabila cuaca mendukung kalian bisa bermalam di puncak. Kelemahan muncak tidak adanya sumber air, sehingga harus berbekalan air dengan begitu banyak. Pengalaman saya bersama team yaitu memutuskan untuk ngecamp di pos 3 dan berangkat jam 3 subuh menuju puncak, sehingga barang-barang seperti tenda, dan alat-alat lainnya bisa dititip di pos 3. 


Track yang terbilang rumit akan kalian temukan disii, dimana ketika jalan menuju puncak kalian akan merasakan track yang begitu nanjak hampir 180 derajat maybe J J, intinya nanjak banget. Dan ketika turun kalian akan melewati track bebatuan yang luar bisa susah dilewati.


Saya sangat menyarankan apabila kalian ke guntur pakaialah perlengkapan yang sanga lengkap seperti sepatu gunung, sarung tangan, dan lain sebagainya. Karena track yang penuh dengan bebatuan. Jadi, saya sarankan kalian menggunakan sepatu gunung yang nyaman. Di track ini kalian akan merasakan serunya jalan diatas batu yang sangat susah untuk dilewati.


3.     Pemandangan

Untuk mendapatkan awan yang indah disini sangatlah susah, karena kita berangkat harus memperhitungkan cuaca dan lain sebagainya. Jadi, kalau kalian berharap datang ke guntur dengan mendapatkan awan yang bagus maka perhitungkan cuacanya terlebih dahulu.



Walaupun gunung guntur terkenal dengan kegundulannya, namun disini masih terdapat banyak pohon sperti gambar diatas. Namun, pepohonannya tidak sama dengan pohon yang biasanya, pohon disini bisa di bilang pohon yang hidup tahan lama tanpa air.


Di sini juga kalian bisa merasakan sensasi berada di paang pasir, karena panasnya cuaca dan tanaman yang memiliki warna kecoklat-coklatan akan memberikan efek seperti dipadang pasir apabila kalian pergi kesini. Untuk  mendapatkan view yang sangat bagus alangkah baiknya datang pada musim panas, atau sekitar bulan mie kesana.


Guntur memiliki 4/5 puncak kalau gak salah. Namun, puncak satu sama yang lainnya membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 1-2jam menuju puncak yang lain. photo di atas merupakan guntur dari puncak satu. Apabila kalian ingin pergi nyampe puncak 3 atau puncak berapapun itu, kalian harus mempersiapkan segalanya seperti; logistik, tenaga, tekad kuat, dan berdoa supaya tidak ada badai. Saya sendiri baru mencoba sampai puncak satu karena badai yang begitu besar yang menyebabkan tidak memungkinkan untuk melanjutkan ke puncak selanjutnya.  


Sekian review gunung gunturnya, semoga bermanfaat dan selalu berdoa sebelum naik gunung...
Cintai dan jaga selalu alam ini..







Komentar

Postingan populer dari blog ini

UBERTOS

Alasan memilih kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Style photographed