Mari Matikan Lampu Malam ini!!



Malam ini tepatnya pada jam 20.30 – 21.30 WIB akan ada yang namanya Earth Hour atau mematikan lampu serentak selama satu jam, banyak masyarakat yang belum tahu akan earth hour ini, bahkan sebagian masyarakat ketika mendapatkan surat  edaran tentang mematikan lampu  malam ini, mereka mengira akan adanya pemadaman lampu secara serentak oleh PLN. Padahal ini adalah kegiatan global untuk mengingatkan akan perubahan iklim yang terjadi di bumi.   
Earth Hour (Jam Bumi)  adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund For Nature (WWF) pada sabtu terakhir bulan maret setiap tahunnya selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim, kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah ataupun perkantoran (Wikipedia, 24/3/2018).  
Dari pengertian yang diambil dari wikipedia tersebut semoga masyarakat tidak salah mengartikan atau salah berasumsi terhadap earth hour. Earth hour pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007 yang diadakan di Sydney. Pada waktu itu perubahan iklim sangatlah drastis, sehingga WWF Australia memulai earth hour ini. Dilansir dari Merdeka.com sebanyak 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak diperlukan. Setelah Sydney, beberapa kota di dunia ikut berpartisipasi termasuk Indonesia.
Mengapa kita harus berpartisipasi dalam earth hour?
1.     Perubahan Iklim global
Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi. Perubahan iklimpun telah kita rasakan di bumi sekarang ini, seperti  perubahan cuaca yang tak menentu, cuaca ekstrem, badai tropis yang semakin sering, pergeseran musim, dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan salah satu gejala yang kita rasakan dari perubahan iklim. Akankah kita berdiam diri dengan perubahan iklim ini?

2.     Sumber Energi yang semakin berkurang
Disadari atau tidak sumber energi sekarang ini semakin berkurang, ini semua akibat pemakaian yang semakin lama semakin meningkat dan inilah yang  menyebabkan sumber energi berkurang, entah itu energi minyak, air, listrik, dan lain sebagainya. Apabila sumber energi ini habis, terus apa yang akan kita lakukan??   

 3.     Peran kita untuk menjaga Bumi
Bumi semakin sini semakin tua, kalau kita tidak menjaga dan merawat bumi apakah anak cucu kita masih bisa tinggal di bumi??

         Dari ke 3 aspek tersebut diharapkan seluruh masyarakat ikut serta dalam partisipasi earth hour ini, bayangkan saja apabila semua masyarakat di dunia mematikan lampu selama sejam secara serentak, berapa energi yang disimpan untuk masa depan?

Mari kita padamkan listrik sebelum semua padam dengan sendirinya!!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

UBERTOS

Alasan memilih kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Style photographed